WORKSHOP CITI MICRO-ENTREPRENEURSHIP 2015

Posted on Updated on

Aliansi Perempuan Sulawesi Tenggara didukung oleh UKM Center FEB UI dan Citi Foundation pada tanggal 15 Juni 2015 mengadakan kegiatan Workshop dan Program Pendampingan Intensif untuk para pengusaha mikro. Kegiatan ini menyangkut tema “Menjadi Usaha Kreatif Milyaran”. Para Peserta dibekali oleh narasumber Ibu Rahmatia Arqam pengusaha abon ikan Az-Zahra sebagai Juara Citi Micro-Entrepreneurship Award (CMA) 2008 serta Ibu Mustika Nur selaku pengusaha kue Bagea yang berasal dari Kendari. Mereka akan mengisi materi perkembangan usaha kecil mikro yang berpotensi lokal.

Sesi Motivasi oleh UKM Center UI
Sesi Motivasi oleh UKM Center UI

Pada kegiatan tersebut, para pelaku usaha mikro akan mendapatkan motivasi wirausaha oleh Ibu Mira Indrayani selaku Wakil Kepala UKM Center Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI). Setelah program Wokshop Citi Micro-Entrepreneurship akan dipilih 10 pengusaha yang akan mendapatkan program pendampingan Intensif (Intensive Assistance Program) selama tiga bulan kedepan. Pengusaha mikro tersebut akan dilatih dan dibimbing oleh fasilitator dari Aliansi Perempuan Sulawesi Tenggara (ALPEN-SULTRA) yang sebelumnya sudah diberikan modul oleh pelatihan oleh UKM Center FEB UI untuk mendamping pengusaha mikro mengembangkan keterampilan dalam: 1) Perencanaan Usaha, 2) Strategi Pemasaran, 3) Pembukuan Sederhan, 4) Pengembangan SDM, 5) Manajemen Produksi dan Inovasi, 6) Etika Bisnis.

Workshop ini dibuka secara resmi oleh Bapak Syam Alam, S.E.,M.Si selaku Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi Kota Kendari. Beliau sangat mendukung pelaksanaan kegiatan ini guna pengembangan pengetahuan dan keterampilan yang sangat penting bagi para wirausaha. Harapannya setelah mengikuti kegiatan ini, para wirausaha mikro dapat mengembangkan usahanya dengan lebih baik dan menjadi ciri khas daerah Kota Kendari. Kegiatan ini diikuti oleh 70 peserta yang berasal dari Kecamatan di kota Kendari . 50 orang peserta berasal dari kelompok Perempuan Usaha Kecil yang tergabung dalam JARPUK (Jaringan Perempuan Usaha Kecil) Kota Kendari dampingan ALPEN SULTRA, 7 orang peserta berasal dari Balai Perempuan KPI-SULTRA dan 13 orang peserta berasal dari anggota forum UKM Kota Kendari.

Sejak tahun 2013 Citi Indonesia bersama dengan UKM Center FEB UI telah melaksanakan Workshop Citi Micro-Entrepreneurship dan Pendampingan Intensif (Intensive Assistance Program) sebagai bentuk komitmen dan perhatian terhadap pemberdayaan usaha mikro di Indonesia. Sampai sekarang program tersebut telah dilaksanakan d 12 lokasi dan membina lebih dari 500 UKM di Indonesia. Pada tahun ini, selain di Kendari akan diselenggarakan program serupa di Papua, Sumatera Selatan dan Sumatera Barat.

Sertifikat penghargaan Alpen - Sultra atas penyelenggaraan Workshop
Sertifikat penghargaan Alpen – Sultra atas penyelenggaraan Workshop

Program workshop dan pelatihan ini merupakan rangkaian program penyelenggaraan lomba CMA (Citi Microenterpreunership Award) pada akhir 2015 nanti. Program CMA diluncurkan sejak tahun 2005 di seluruh dunia dan di Indonesia sebagai pelaksana adalah UKM Center FEB UI dengan dukungan pendanaan oleh Citi Faoundation. Program CMA terbuka untuk menjaring wirausahawan mikro kreatif, memiliki kepedulian sosial, berdaya juang tinggi dan telah menerima pinjaman serta mendapatkan pembinaan dari LKM. Program ini terbagi dalam empat kategori kompetisi, yakni: 1) Wirausaha Mikro Perempuan, 2) Wirausaha Mikro Sosial, 3) Wirausaha Mikro Berwawasan Lingkungan, dan 4) Wirausaha Mikro Pelestarian Budaya. Para peserta mendaftarkan melalui berbagai tahapan seleksi, yakni: penilaian administrasif, survey tempat usaha dan wawancara oleh tim UKM Center FEB UI. Memasuki tahun ke 11 sebagai pelaksana dari awal, UKM Center mencatat program CMA sudah menghasilkan 100 pemenang dari wirausaha mikro dan 98% usaha yang ditekuni para pemenang tersebut mengalami pertumbuhan yang signifikan setelah mengikuti CMA. –Midha–

Pemberitaan media lokal terkait workshop dapat dilihat pada : http://www.sultrakini.com/2014/content/view/49097/59/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s